[5] [recent] [slider-top-big] [TERBARU]
You are here: Home / Bakti Sosial Yayasan KBK 2016

Bakti Sosial Yayasan KBK 2016

| No comment
Oleh Mario Senjaya

Sabtu, 12 Maret 2016 - Keluarga Besar KBK mengadakan acara Baksos pertama di tahun 2016. Tempat yang kami kunjungi kali ini ada di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Ternyata meski terletak di jantung Ibu Kota, masih ada tempat yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan kita.

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Rumah Singgah St. Antonius Padua. Didirikan pada tahun 2000 oleh komisi JPIC – OFM. Rumah ini menampung lansia yang terkena berbagai macam penyakit dan merupakan tempat belajar bagi anak-anak yang tinggal disekitar lokasi. Saat ini ada 8 lansia yang ditampung dan sekitar 20 orang anak yang belajar. Kedatangan kami ke rumah singgah langsung disambut hangat oleh frater dan Kakak-kakak pembimbing dari jurusan Psiklogi Universitas Atmajaya yang kebetulan membantu memberikan pendidikan kepada anak-anak asuh disana. Kami langsung diajak berkeliling untuk bercakap-cakap, mendengarkan curhatan dan cerita pengalaman-pengalaman hidup dari lansia yang tinggal disana. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian bingkisan alat-alat sekolah kepada anak-anak lalu ditutup dengan makan bersama. Kami lalu berpamitan dengan frater-frater pengurus serta kakak-kakak Pembina untuk melanjutkan kunjungan baksos ke tempat berikutnya.

Tempat yang akan kami kunjungi berikutnya tidak jauh dari Rumah Singgah. Hanya butuh sekitar 15 menit perjalanan, kami tiba di Rumah Doa Miracle Mount Carmel. Rumah doa ini letaknya di pinggir rel KA, daerah kumuh di Tanah Tinggi, Johar Baru, Senen. Rumah doa ini menaungi 90 anak disekitar rel (dengan rentang usia Balita, TK sampai dengan SD). Kegiatan yang dilakukan di rumah doa ini adalah Ibadah, sekolah minggu dan pendidikan anak usia dini. Kedatangan kami langung disambut oleh Pak Chris, selaku pemilik rumah yang dijadikan Rumah Doa dan ibu-ibu pengurus. Tampak anak-anak sudah dikumpulkan dan duduk rapi di kursi plastic yang disediakan. Acara pun dimulai, MC membuka acara lalu dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Pak Sudjarwo selaku Pembina Yayasan KBK dan Pak Tjahja selaku Ketua Harian Yayasan KBK. Lalu acara dilanjutkan dengan kebaktian. Ternyata anak-anak disini sudah lancar dan hafal menyanyikan lagu-lagu rohani yang dibawakan. Tidak terasa, kamipun tiba di penghujung acara. Kami dan dibantu Pak Chris dan ibu-ibu pengurus Rumah Doa segera meminta anak-anak untuk berbaris rapi. Kami pun membagikan bingkisan alat-alat sekolah serta makan siang kepada anak-anak. Lalu acara ditutup dengan foto bersama keluarga besar YKBK dengan keluarga besar Pengurus Rumah Doa.

Terima kasih untuk Pengurus Rumah Singgah St. Antonius Padua dan Rumah Doa Miracle Mount Carmel yang telah membatu sehingga acara baksos ini dapat terlaksana.


Persiapan barang-barang yang dibungkus dengan rapi, disusun berdasarkan usia dan jenis kelamin, agar memudahkan pada saat pembagiannya. Ini semua dilakukan oleh keluarga Bios terutama sdri Diana. 
Buku, peralatan tulis menulis dan gambar, bagian dari yang akan disumbangkan.
Rumah Singgah Kesehatan. Disamping sebagai tempat penitipan orang sakit yang sudah jompo, rumah ini dipakai juga sebagai tempat belajar anak-anak sekitar lokasi.
Sdr. Mario (Ketua Sosial dan Kemanusiaan) dan rekannya Sdr. Julius mendengarkan anak-anak yang sedang diajar oleh mahasiswi dari Universitas Atmajaya

Pak Djarwo yang sedang menyapa oma yang dirawat disana, pada saat kunjungan ada 4 oma dan 5 opa. Oma yang berjabat tangan tsb ditanya apa yang diinginkan? Oma itu mengungkapan keinginannya untuk segera mati karena sudah bosan hidup.

Membagikan bingkisan yang sudah disiapkan
Lihatlah, betapa kebahagian dan rasa terima kasih yang terpancar dari wajah oma tersebut.
Opa ini dirawat sejak 6 bulan yang lalu, menderita stroke dan tidak bisa bangun dari tempat tidur.  
Pemberian bingkisan untuk masing-masing oma dan opa, dilakukan oleh Siska.
Pemberian bingkisan dilakukan oleh sdr. Julius.
Pemberian bingkisan dilakukan oleh sdr. Mario.

Sdr. Bios membagikan makanan untuk anak-anak.

Komentar salah seorang anak yang terdengar lucu sekaligus membuat haru-bahagia: "Hari ini kita jadi orang kaya".
Tumpukan barang-barang yang disumbangkan terlihat dibagian kiri atas gambar ini.
Tiba dilokasi Rumah Doa di pinggir rel KA. 

Menurunkan barang-barang yang akan disumbangkan.

Siap-siap menyambut kedatangan kami dari Yayasan Kridha Bahtera Kasih.

Pak Djarwo memperkenalkan diri dan teman-teman.

Membuka acara dengan bernyanyi.
Mengajak anak-anak berdiri dan bersuka ria

Anak-anak bernyanyi mengikuti peragaan gerak pak Djarwo.

Menjelaskan Yayasan KBK dan kiprah yang dilakukannya.

Yang sibuk di belakang, mengatur paket-paket yang akan disumbangkan.

Yang sibuk di belakang, mengatur paket-paket yang akan disumbangkan.
Membagikan bingkisan kepada masing-masing anak.

Membagikan bingkisan kepada masing-masing anak.

Membagikan bingkisan kepada masing-masing anak.

Foto bersama

Foto bersama dengan pengurus dari kedua belah pihak.